Si beat kesayangan gue ngambek masa. Pas perjalanan pulang
pergi Petamburan – Narogong, Bekasi doi nunjukin gejala minta di urut. Jadi pas kemaren, di daerah
benhil, gue ngedenger suara berdecit yang asalnya dari blok CVT. Yang gue
rasain sih gejalanya gini : pas narik gas / throttle dalam posisi pelan tarikannya
itu berat terus bergetar pas di bagian CVT nya. Dan yang lebih mantep lagi
disertai bunyi – bunyian kaya anak curut gitu. Ciiitttt, ciiiiiittttt. Awalnya
gue pikir suara itu bukan berasal dari motor gue karena di depan dan belakang
gue banyak motor juga. Tapi ketika gue jalan di tempat yang sepi wabilkhusus
setelah ngelewatin polisi tidur, gue ngedenger suara itu. Gue jadi yakin itu
emang asalnya dari motor gue.
Setelah konsultasi sama mbah gugel, mengenai gejala yang
motor gue rasain, gue jadi sedikit ngerti permasalahannya. Jadi menurut para
pengguna matik lainnya, spare part kaya V – belt itu harus sering di cek dan
minimal lakuin penggantian kalo pemakaian motor udah mencapai 25000 km. Nah ini
motor gue udah 28 ribu berapa gitu gue lupa. Pantes aja dia ngasih kode gitu.
Karena kalo gak di ganti bisa ngerembet ke komponen lainnya. Kaya roller, rumah
roller, kampas kopling, dsb gue juga kurang paham sih sama mesin – mesinan.
Pergilah gue ke bengkel AHASS langganan gue yang ada di
Bekasi, sekitar daerah Karang Satria. Gue curhat masalah penyakit yang motor
gue alamin. Terus gue liat motor gue di bongkar. Gak lama si montir manggil
gue.
Montir : “Mas ini V-belt nya udah getas (tepo) harus diganti
kalo gak bisa putus”
Gue : “Oh yaudah pak ganti aja”
M : “Sama ini roller nya juga udah pada peang”
G : “Iyah sekalian aja ganti”
M : “Ini juga kanvas kopling nya udah aus, bahaya kalo gak
buru – buru diganti, terus juga ini rumah roller nya udah jelek, udah harus
segera diganti mas”
G : “.........”
M : “Tapi masih bisa kok dipake buat sebulan sebulan doang
mah, hehehehe”
Kamfret, nih orang tau aja isi pikiran gue. Mungkin dia pikir duit gue kurang kali yah
buat ngeganti semua spare part yang dia saranin buat diganti makanya dia
ngeluarin kalimat yang tujuannya ngebesarin hati gue. Menghibur gitu.
Tapi yang gue liat spare part yang ditunjukkin si
montir itu emang mengenaskan keadaannya. Emang udah harus diganti. Bahaya kalo
gak. Kalopun kata – kata yang di ucapin si montir itu bener ada komponen yang
masih bisa dipake, tapi gue gak mau buang – buang waktu gue dengan balik lagi
ke bengkel pas gajian. Yasudah gue ganti ajah deh semua. Biar si beat
tunggangan gue bisa di pake buat kerja lagi. Hehehehe.
Detailnya gue screenshot :
Keterangan :
- V-belt + roller 6 biji : 155 rebu
- Kanvas kopling : 130 rebu
- Rumah roller : 60 rebu
- Oli : 33 rebu
- Biaya servis : 50 rebu
Total : 428 rebu